3/09/2013



Setan adalah salah satu ciptaan Allah menyerupai jin kafir, yaitu ciptaan Allah yang ingkar kepada Allah, tidak mau menyembah Allah, dan mereka senang menggoda umat manusia agar manusia senantiasa mengikuti jalan mereka, jalan yang sesat yang jauh dari ridha Allah. Perlu kita semua ketahui bahwa setan selalu ada di sekitar kita. Bahkan setan senang mengikuti setiap kegiatan manusia. Misalkan saja saat kita makan, pada saat kita lupa untuk membaca doa, setan sesugguhnya telah ikut makan bersama kita. Apabila kita sering lupa tidak membaca doa sebelum makan, setan akan senantiasa terus melakukan hal demikian, sehingga makanan yang sudah kita makan tersebut tidak barakah.

Ada hadits yang menganjurkan kita untuk tidak tergesa-gesa jika kita dihidangkan suatu makanan, karena hal tersebut merupakan suatu bisikan setan agar kita lupa berdoa sebelum kita makan. Hadits tersebut berbunyi sebagai berikut.
“Setan akan ikut makan dan minum, ketika orang tersebut tidak mengucapkan doa atau  tidak  menyebut nama Allah terlebih dahulu.  Hal ini sebagaimana  dikisahkan dalam sebuah  hadits  yang  diriwayatkan  oleh  Imam  Muslim,  bahwasanya  Hudzaifah  berkata: “Kami (para sahabat) apabila berkumpul bersama Rasulullah Saw, lalu dihadirkan makanan kepadanya, kami tidak berani menyentuh makanan tersebut sebelum Rasulullah Saw terlebih dahulu menyentuhnya. Suatu hari,  dihidangkan kepada kami makanan tersebut. Tiba-tiba, datang seorang budak  perempuan yang  sudah  tidak sabaran. Begitu  melihat makanan di hadapan kami, ia langsung bergegas menghampirinya dan langsung menyodorkan tangannya untuk menyentuh  makanan  tersebut.  Rasulullah  Saw  kemudian  memegang  dan  menahan tangan budak wanita tadi. Tidak lama dari itu, datang juga seorang arab badewi, juga sama menyodorkan tangannya untuk meraih makanan, akan  tetap Rasulullah Saw menahan dan memegang tangannya itu. Rasulullah kemudian bersabda: “Sesungguhnya setan akan ikut memakan makanan yang tidak disebutkan nama Allah sebelumnya. Setan barusan datang menyertai  budak  wanita  tadi,  lalu  setan  itu  bermaksud  mengambil  makanan  dengan menggunakan tangan budak wanita itu. Demikian juga, setan datang menyertai orang arab badewi  tadi  untuk  mengambil  makanan,  dan  karena  itulah  saya  pegang  dan  saya  tahan tangan  kedua  orang  tadi.  Demi  diriku  yang  berada  pada  kekuasaan-Nya,  sesungguhnya tangannya itu (tangan setan) berada pada tangan saya bersama dengan tangan budak wanita tadi” (HR. Muslim).

Pada saat kita makan atau minum, kita dianjurkan untuk duduk. Karena makan atau minum sambil berdiri adalah sifat setan. Setan akan menyertai orang-orang yang sedang makan atau minum sambil mereka berdiri. Berikut hadits yang berisi tentang pernyataan tersebut.
“Rasulullah suatu hari melihat seorang laki-laki yang minum sambil berdiri. Lalu Rasulullah  Saw berkata kepadanya: “Duduklah!” Laki-laki itu menjawab: “Mengapa saya mesti  duduk?” Rasulullah  Saw menjawab: “Apakah kamu bahagia kalau minum bersama kucing?” Laki-laki itu menjawab: “Tidak”. Rasulullah Saw bersbda kembali: “Sesungguhnya kamu tadi telah minum dengan sesuatu yang jauh lebih jahat dari pada  kucing, yaitu setan” (HR. Imam Ahmad, dan Bazzar).

Terdapat suatu pengecualian saat ada orang sedang minum air zam-zam sambil berdiri. Hal tersebut merupakan suatu sunah, karena Rasulullah saw dulu pernah meminum air zam-zam sambil berdiri.
Pada saat kita memasuki rumah tanpa membaca doa, setan juga akan menyertai kita. Bahkan setan akan menginap di tempat tinggal kita saat kita menutup pintu tanpa disertai do’a. Berikut hadits yang menjelaskan tentang hal tersebut.
“Dari Jabir bin Abdillah bahwasannya ia mendengar Rasulullah Saw bersabda: “Apabila seseorang masuk rumah, lalu ia menyebut nama Allah ketika masuk (rumah) dan ketika  makan, maka setan akan berkata (kepada sesama setan lainnya): “Kalian tidak dapat menginap  dan tidak  bisa  makan malam”. Namun apabila ia masuk rumah, dan tidak menyebut nama Allah (berdoa)  ketika masuk dan makannya, setan akan berkata: “Nah, sekarang kalian bisa menginap dan bisa makan malam” (HR. Muslim).

Sama halnya saat kita membuka lemari es, magic jar, lemari, bupet, dan lain sebagainya. Saat kita tidak membaca doa, sudah pasti setan akan senantiasa menyertai kita karena pada hakikatnya tugas utama setan adalah untuk menggoda manusia yang kurang imannya agar mereka terjerumus ke dalam kenistaan dan akan kekal di neraka bersama setan yang kafir itu. Berikut adalah hadits yang berisi tentang hal tersebut.
“Rasulullah  Saw  bersabda:  “Tutuplah  pintu-pintu,  dan  sebutlah  nama  Allah (ketika menutupnya), karena setan tidak akan membuka pintu yang sudah terkunci dengan menyebut nama  Allah. Tutup jugalah tempat air minum (qirab dalam bahasa Arab adalah tempat menyimpan air  minum yang terbuat dari kulit binatang) dan bejana-bejana kalian (untuk masa sekarang  seperti  lemari, bupet, kulkas  dan  lainnya) sambil menyebut nama Allah, meskipun kalian hanya  menyimpan sesuatu di dalamnya dan (ketika hendak tidur), matikanlah lampu-lampu kalian” (HR. Muslim).

Nah, kita sekarang sudah tahu bahwa setan selalu ada di sekitar kita. Untuk itu, mari kita biasakan sebelum melakukan suatu kegiatan entah itu kegiatan kecil atau besar, kita memulainya dengan do’a. Tidak khawatir apabila kita tidak hafal satu per satu do’a yang akan baca sebelum kita melakukan kegiatan, karena islam sama sekali tidak memberatkan kita. Jika kita membaca basmalah saja, maka setan sudah tidak akan mau mengikuti kita. Artinya saat kita membaca basmalah, kita sama halnya meminta ridha Allah dengan menyebut nama-Nya, maka setan tidak akan berani mendekati kita. Dan mari mulai sekarang kita istiqamah dalam membaca basmalah atau doa sebelum kita hendak melakukan segala aktivitas kita. Semoga Allah senantiasa melindungi kita semua dari godaan setan yang terkutuk.

0 komentar:

Posting Komentar

Semoga Allah memberkati kita semua..

Area Islam


ShareThis