3/05/2013
Kejujuran adalah ucapan setiap insan manusia yang sesuai dengan hati dan kebenaran. Kita sebagai ciptaan Allah dilahirkan dalam keadaan bersih dan suci tanpa dosa sebagaimana dalam Firman Allah:

(78:وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ. (النحل

Artinya: Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur (QS. An-Nahl [16]: 78).
Ayat Al-Qur'an tersebut menjadi suatu bukti kesucian manusia saat pertama kali dilahirkan di dunia. Untuk itu, sudah patutnya kita menjaga setiap tutur kata kita dalam berucap agar kesucian hati kita tetap terjaga sampai kita dipanggil kembali oleh Allah suatu saat nanti.

Berkata jujur termasuk salah satu bentuk iman kita kepada Allah karena Allah sangat membenci perbuatan dusta. Rasulullah saw semasa hidupnya selalu berkata jujur dalam setiap tutur katanya. Pernah suatu ketika beliau berdagang suatu barang, beliau selalu bersikap ramah kepada setiap orang yang datang ke dagangannya. Dan Rasulullah saw selalu berkata jujur pada setiap barang yang akan beliau jual, setiap ada kecacatan barang dagangannya beliau sampaikan kepada pembeli. Sifat beliau yang selalu jujur itulah yang membuat para pembeli senang jika mereka membeli barang dagangan milik Rasulullah saw. Atas sifat jujur beliau, rejeki beliau dapat mengalir dengan lancar karena barang dagangannya selalu habis terjual. Sifat jujur tidak hanya dapat dilakukan pada kegiatan jual-beli saja, sifat jujur hendaknya kita lakukan pada setiap perbuatan yang kita lakukan.

Berbuat jujur dapat menyejukkan hati kita. Mengapa? Berbuat jujur adalah perbuatan dan ucapan yang benar, sehingga orang yang selalu berbuat jujur akan dapat dipercaya oleh orang lain. Selain itu, jika kita berbuat jujur, tidak akan ada orang lain yang menggunjing di belakang kita karena apa yang kita ucapkan adalah suatu kebenaran. Dari kebenaran yang telah kita lakukan tersebut dapat membawa kita ke tempat yang paling kita impikan, yaitu surga. Hal tersebut terdapat pada suatu hadits berikut.
 “Sesungguhnya jujur itu membawa kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga, sesungguhnya orang yang berkata benar maka orang tersebut dicatat sebagai orang yang paling jujur. Sesungguhnya dusta itu membawa kepada kejahatan dan kejahatan itu mengantarkan ke neraka dan orang yang dusta maka akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang paling dusta” (Shahih Bukhari, hal: 65 juz: 4)

Perkataan yang jujur dapat mengalirkan pahala-pahala kepada kita. Bahkan, orang yang selalu berbuat jujur dapat memiliki pahala yang sama layaknya orang yang syahid di jalan Allah, sebagaimana seperti hadits berikut ini.
Rasulullah SAW bersabda, ''Barang siapa meminta mati syahid dengan jujur, maka Allah akan mengantarkannya ke dalam golongan orang-orang syahid, walaupun ia mati di atas kasurnya.'' (HR Muslim).

Berbuat jujur memang sangat berat, sebagai contoh sederhana saja seorang siswa banyak yang tidak jujur pada saat ujian berlangsung. Hal tersebut karena mereka tidak bisa percaya pada diri mereka sendiri. Memang ada suatu resiko jika mengerjakan soal ujian sendiri, yaitu ketidaklulusan. Namun, sebenarnya kesulitan dalam bersikap jujur itu akan membawa suatu keselamatan bagi kita, sebagaimana seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.
Orang yang jujur walaupun pertama-tama ia merasa berat akan tetapi pada akhirnya ia akan selamat dari berbagai bahaya. Rasulullah SAW telah bersabda, ''Berperangailah selalu dengan kejujuran! Jika engkau melihatnya jujur itu mencelakakan maka pada hakikatnya ia merupakan keselamatan.'' (HR Ibnu Abi Ad-Dunya dari riwayat Manshur bin Mu'tamir).

Banyak sekali manfaat dari sikap jujur, baik untuk kita maupun untuk orang lain. Untuk itu, mari kita bersama-sama melatih kejujuran dalam diri kita sejak sekarang. Memohon ampunlah kepada Allah jika sebelumnya pernah berkata dusta. Semoga dari niat kita yang ingin menjadi orang yang jujur didengar oleh Allah SWT sehingga kedepannya dapat menjadikan kita insan yang selalu bertutur kata jujur dan pada akhirnya mengantarkan kita ke pintu surga. Aamiin




0 komentar:

Posting Komentar

Semoga Allah memberkati kita semua..

Area Islam


ShareThis